Kamis, 10 Januari 2008

Karaeng gowa ri balla lompoa

Balla lompoa. atau dalam bahasa indonesianya balla adalah rumah, sedangkan lompoa adalah besar, salah satu rumah adat peninggalan kerajaan gowa, yang hingga saat ini masih tetap dipertahankan keberadaanya oleh generasi penerus kerajaan gowa.

Balla lompoa yang berada di tengah-tengah jantung kota kabupaten gowa ini, telah mengalami beberapa kali renovasi bangunan, namun renovasi itu, tidaklah merubah bentuk aslinya.

Hingga saat ini generasi penerus atau pewaris tahta kerajaan gowa, merawat dan menjadikan balla lompoa sebagai istana kerajaan, dimana didalam bangunan ini masih tersimpan berbagai macam benda-benda peninggalan kerajaan.

Di balla lompoa inilah, setiap tahunya saat peringatan perayaan idul adha, pewaris kerajaan menggelar kegiatan yang dinamakan accera kalompoa, atau pencucian benda-benda pusaka peninggalan raja-raja.

kegiatan accera kalompoa, adalah kegiatan yang telah dilakukan oleh raja-raja gowa terdahulu, dan diwariskan kepada pewaris kerajaan, yang mana hingga saat ini accera kalompoa, telah menjadi agenda kegiatan tahunan.

Selain rumah istana balla lompoa yang menjadi bukti sejarah kebesaran kerajaan gowa, hingga kini juga masih ada makam raja-raja yang pernah memimpin kerajaan, dan sisa-sisa bangunan benteng perjuangan, serta berbagai tradisi adat yang diramuh menjadi tari-tarian yang menggambarkan adat dan budaya kerajaan gowa.

Tidak ada komentar: